Syarat dan Ketentuan Penggunaan
Terakhir diperbaharui: 11 November 2023
1. PENDAHULUAN
Anda dimohon untuk membaca Syarat dan Ketentuan Penggunaan (“Ketentuan
Penggunaan”) ini sebelum menggunakan layanan yang disediakan di Platform
Seakun.id.
Dengan melakukan pendaftaran dan/atau menggunakan layanan berlangganan
bersama yang disediakan di Platform Seakun.id, Anda setuju bahwa Anda
telah membaca, memahami, mengetahui, menyetujui dan menerima seluruh
informasi syarat, dan ketentuan penggunaan layanan yang terdapat dalam
Ketentuan Penggunaan ini. Ketentuan Penggunaan ini merupakan suatu
perjanjian yang sah antara PT. Seakun Global Teknologi (“Seakun” atau
“kami”) dan Anda terkait tata cara dan persyaratan penggunaan Platform
Seakun.id yang berlaku antara Anda dan Kami.
2. KETENTUAN UMUM
-
2.1. Platform Seakun.id (Situs dan Aplikasi) ini merupakan milik PT.
Seakun Global Teknologi. Kami bekerja sama dengan pihak ketiga (“Mitra
Kami”) untuk mengembangkan, menambah dan/atau meningkatkan fitur serta
fungsi dalam Aplikasi, dan/atau menyediakan produk dan/atau layanan.
-
2.2. Platform Seakun.id memberikan layanan berlangganan bersama
dan/atau membeli jasa/barang secara grouping dengan tujuan mendapatkan
produk, fitur, maupun benefit premium dengan biaya yang lebih
terjangkau, administrasi yang lebih mudah, pencarian teman patungan
dan reminder pembayaran di setiap bulan yang lebih terorganisir.
-
2.3. Platform Seakun.id telah melakukan riset dan percobaan terlebih
dahulu sebelum menyediakan layanan ke publik.
-
2.4. Seakun berhak untuk menerima, menunda, menolak, serta mencabut
pemberian akses ke Situs atau Layanan kepada Anda, dengan alasan
apapun.
-
DENGAN MENDAFTAR DAN MENGGUNAKAN LAYANAN SEAKUN.ID, ANDA MEMBERIKAN
PENERIMAAN DAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN
PERJANJIAN INI, TERMASUK SYARAT DAN KETENTUAN, KEBIJAKAN PRIVASI
SEAKUN, SERTA SETIAP INFORMASI YANG TERSEDIA DI PLATFORM KAMI.
-
APABILA ANDA TIDAK MENYETUJUI KETENTUAN INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN
LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES SITUS. APABILA ANDA DI BAWAH USIA 17 TAHUN
ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DIBAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS
MENDAPATKAN IZIN DARI ORANG TUA ATAU WALI UNTUK MEMBUKA AKUN DAN ORANG
TUA ATAU WALI TERSEBUT HARUS MENYETUJUI KETENTUAN PERJANJIAN INI.
APABILA ANDA TIDAK MEMAHAMI BAGIAN INI, MOHON JANGAN MEMBUAT AKUN
SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA BANTUAN ORANG TUA ATAU WALI ANDA. APABILA
ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI ANAK DI BAWAH UMUR YANG MEMBUAT AKUN,
ANDA HARUS MENERIMA KETENTUAN PERJANJIAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH
UMUR TERSEBUT DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PENGGUNAAN
AKUN ATAU LAYANAN PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN AKUN TERSEBUT, BAIK
APAKAH AKUN TERSEBUT SUDAH DIBUKA SAAT INI ATAU DIBUAT DI MASA
MENDATANG.
3. KEWAJIBAN PENGGUNA
Kami menyediakan beberapa layanan yang telah memiliki aturan penggunaan
berdasarkan ketentuan yang diterbitkan oleh masing-masing provider.
Dengan menggunakan layanan yang ada di Platform Seakun.id, artinya Anda
berkewajiban penuh untuk mengikuti aturan yang diterbitkan oleh
masing-masing provider yang telah tersedia di Platform Seakun.id.
4. KESEDIAAN DAN PERSETUJUAN PENGGUNA
Untuk layanan digital yang kami sediakan, ada beberapa provider yang
menghimbau bahwa plan premium yang mereka sediakan harus memenuhi satu
atau lebih dari beberapa kriteria berikut.
- Satu grup/family dianjurkan untuk berada dalam satu rumah.
-
Satu grup/family diharuskan untuk memiliki alamat yang sama dengan
user host yang melakukan pembayaran pada grup tersebut.
-
Ditujukan untuk penggunaan keluarga atau orang terdekat di sebuah grup
yang berlangganan.
Sehingga dengan mendaftar dan/atau melakukan pesanan berlangganan
bersama melalui Seakun.id untuk provider yang mencantumkan ketentuan di
atas, berarti Anda telah setuju apabila:
-
Anda dianggap sebagai anggota keluarga dengan member yang ada dalam
satu grup berlangganan bersama, dimana membernya diatur oleh
Seakun.id.
-
Anda dianggap memiliki alamat yang sama dengan User Host yang
berlangganan ke provider terkait dan bersedia memberikan verifikasi
alamat yang sesuai dengan alamat User Host jika dibutuhkan.
5. KETENTUAN USER HOST
-
5.1. User Host merupakan user yang diberikan kewenangan oleh Seakun.id
untuk melakukan proses administrasi dan/atau melakukan pembayaran ke
provider yang telah disediakan oleh Seakun.id.
-
5.2. Adapun prosedur yang Anda lakukan jika berminat menjadi User Host
harus mengikuti segala instruksi yang diberikan oleh admin dan/atau
customer service Seakun.id.
-
5.3. Dengan menjadi User Host, user secara sadar telah menyetujui
pengelolaan akun oleh Seakun.id termasuk mengelola member dan
membagikan akses secara terbatas hanya kepada member dalam grup akun
tersebut.
6. PENGAKHIRAN MASA BERLANGGANAN
Kami berhak secara penuh untuk melakukan pengakhiran masa berlangganan
Anda ke pihak provider jika Anda termasuk ke beberapa kategori berikut.
-
Tidak melakukan pembayaran ke pihak Seakun.id melewati tanggal
pembayaran yang telah ditetapkan oleh Seakun.id berdasarkan tanggal
mulai Anda berlangganan provider terkait.
-
Tidak dapat dihubungi oleh admin dan/atau customer service Seakun.id
dalam rangka melunasi tagihan untuk bulan berikutnya.
-
Melakukan pelanggaran baik itu pelanggaran terhadap ketentuan provider
terkait maupun pelanggaran terhadap ketentuan yang ditetapkan oleh
Seakun.id.
7. ATURAN DAN LARANGAN PENGGUNA
7.1 Untuk menjaga kenyamanan masing-masing pengguna, aturan berikut
wajib dipenuhi oleh setiap pengguna platform Seakun.id:
-
Diharapkan mengakses masing-masing profile yang telah dialokasikan
oleh Seakun.id
-
Untuk layanan streaming, seperti Netflix, diharapkan menonton di
maksimum 1 device, dan tidak menonton di beberapa device secara
bersamaan.
-
Diharapkan menggunakan alamat email pribadi saat menerima undangan
dari Seakun.id untuk berlangganan layanan bersama seperti Spotify,
Youtube, Microsoft 365, Canva, serta provider lain yang mengadopsi
konsep bergabung serupa.
7.2. Adapun larangan sebelum dan pada saat menggunakan layanan di
platform Seakun.id. di antaranya sebagai berikut.
-
Dilarang keras memberikan komentar dan/atau chat yang bersifat
mengolok, merendahkan, atau mencemarkan nama baik karyawan dan staf
Seakun. Larangan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan interaksi
yang aman dan menghormati, serta melindungi karyawan dari segala
bentuk verbal abuse atau perlakuan tidak senonoh. Pelanggaran terhadap
aturan ini dapat mengakibatkan tindakan tegas yang diambil oleh
Seakun, termasuk pembekuan, penghentian akses pengguna, maupun
penindakan ke jalur hukum.
-
Dilarang untuk menyebarkan informasi apapun terkait akun, seperti link
invitation dan/atau alamat User Host yang diberikan oleh Seakun untuk
tujuan apapun, termasuk upaya komersialisasi produk yang terkait
dengan Seakun.
-
Dilarang mengubah informasi akun yang telah diberikan kepada Anda,
baik itu password, profile atau informasi apapun di akun tersebut.
-
Dilarang untuk melakukan screenshot dan screen recording di halaman
apapun pada aplikasi/situs Gramedia.
8. PEMBAYARAN
-
8.1. Seakun.id hanya menyediakan metode pembayaran dengan verifikasi
otomatis melalui mitra pembayaran kami, Xendit. Adapun metode
pembayaran yang tersedia mencakup QRIS, E-Wallet, Virtual Account, dan
Retail. Dimana pembayaran dengan Virtual Account dan Retail hanya
berlaku untuk pilihan durasi berlangganan minimal 6 bulan.
-
8.2. Untuk transaksi dengan nilai di atas Rp65.000, akan dikenakan
biaya sebesar Rp1.000. Sementara itu, untuk transaksi dengan nilai di
bawah atau sama dengan Rp65.000, biayanya adalah sebesar Rp500. Namun,
perlu diingat bahwa Seakun.id memiliki hak penuh untuk menentukan
jumlah Biaya Transaksi dan Pajak yang akan dikenakan pada setiap
transaksi, sesuai dengan proporsi yang dianggap wajar.
-
8.3. Mulai tanggal 11 November 2023, Seakun menghentikan penerimaan
pembayaran transfer manual ke rekening Bank Mandiri, BCA dan Jenius
atas nama PT. Seakun Global Teknologi. Oleh karena itu, jika pengguna
melakukan pembayaran ke rekening yang telah ditutup, maka kami dapat
menganggap pembayaran tersebut tidak sah.
-
8.4. Segala transaksi, termasuk pembayaran, yang dilakukan di luar
platform atau metode pembayaran yang telah ditentukan oleh kami
dianggap dilakukan atas risiko dan tanggung jawab pengguna.
9. PERUBAHAN BIAYA BERLANGGANAN
-
9.1. Perubahan biaya berlangganan dapat terjadi apabila provider
tertentu melakukan perubahan harga berlangganan dari layanan yang
mereka miliki. Perubahan harga yang terjadi mengakibatkan Seakun.id
perlu menyesuaikan biaya berlangganan terbaru dari layanan provider
terkait sesuai dengan jumlah member dalam satu grup. Informasi
perubahan biaya berlangganan akan tersedia di halaman detail produk
dan disosialisasikan di media sosial Seakun.id.
-
9.2. Untuk customer yang sudah berlangganan lebih dari 1 bulan (3, 6
atau 12 bulan) pada provider yang mengalami perubahan biaya
berlangganan dimana ada sisa periode berlangganan yang terkena dampak
perubahan harga, maka customer setuju untuk menerima penyesuaian biaya
berlangganan yang baru dan melakukan pembayaran kembali ke Seakun.id
sesuai dengan ketentuan waktu yang ditetapkan oleh Seakun.id.
-
9.3. Apabila customer menolak melakukan pembayaran sisa dari biaya
berlangganan yang mengalami perubahan, maka layanan customer di
Seakun.id akan dibatalkan dan biaya sisa periode berlangganan yang
belum dinikmati akan dikembalikan (di-refund) secara prorata.
10. PELANGGARAN ATAS HUKUM
Pihak Seakun.id berhak melakukan pelaporan hukum terhadap pihak yang
dengan sengaja menyerang kehormatan atau nama baik Pihak Seakun.id
dengan pasal pencemaran nama baik, penghinaan dan/atau fitnah di muka
umum sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku.
11. KOMPENSASI
Kompensasi akan diberikan oleh pihak Seakun.id jika terjadi kerugian
akibat kelalaian / kesalahan dari pelayanan Seakun.id. Besaran
kompensasi diberikan sesuai justifikasi dan ketetapan dari Seakun.id.
12. KONTAK KAMI
Anda dapat menghubungi Kami terkait dengan Kebijakan Privasi dan
Ketentuan Penggunaan melalui surat elektronik cs@seakun.id.